9
blok ini antara lain :
1. Customer Segments adalah Sekelompok
Orang/Organisasi berbeda yang ingin dilayani oleh Perusahaan dan Pelanggan
merupakan inti dari bisnis
2.Value Proposition: Menggabungkan
antara produk dan layanan yang menciptakan nilai untuk segmen pelanggan
spesifik. Nilai Bisa bersifat Kuantitatif ( Harga dan Kecepatan layanan) dan
Kualitatif ( Desain dan Penglaman)
3.Channels Blok bangunan
saluran yang menggambarkan bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan segmen
pelanggannya dan menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai
4 Customer Relationship
: Hub. Pelanggan yang menggambarkan berbagai jenis hubngan yang dibangun
perush, bersama segmen pelanggan yg spesifik
5 Revenue Streams/arus
pendapatan, menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari
masing-masing segmen pelanggan (biaya harus mengurangi pendapatan untuk
menghasilkan pemasukan)
6 Key Resource,
aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi
7 Key Activities,hal-hal
penting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja
8 Key Partnership,
Jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja
9. cost structure : biaya yang
timbul untuk dapat menghasilkan value propositions contoh gaji karyawan, biaya operasional
, dan lain sebagainya
Customer segments
|
Demografi : seluruh wilayah yang menjadi pusat pemukiman penduduk di Indonesia
Psikografis : menyediakan tempat yang nyaman
Hotel ibis ini ditujukan bagi keluarga , wisatawan
ataupun para pengusaha atau pebisnis yang ingin mencari tempat meeting yang
nyaman di tengah keramaian kota.
|
Value proposition
|
Hotel IBIS adalah hotel bertaraf internasional yang
memiliki bintang dua atau tiga dimana banyak layanan yang ditawarkan ketika
anda menginap di tempat ini seperti layanan room service 24 jam , kolam
renang, restoran maupun cafe sebagai tempat meeting bagi para penginap hotel
|
Customer relationship
|
Dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan maka hotel
IBIS selalu mengutamakan pelayanan yang baik dari resepsionis hotel sehingga
menumbuhka kesenangan pengunjung untuk menginap dan kembali lagi ke hotel
ibis jika sedang berpergian.
|
channel
|
IBIS dalam mempopulerkan namanya menggunakan website yang
bisa diakses secara umum yaitu www.ibis.com
|
Revenue stream
|
Arus pendapatan hotel ibis didapatkan dari sewa kamar
sesuai dengan kelasnya, kemudian sewa tempat untuk meeting serta investor
asing karena hotel ibis ini sendiri merupakan hotel bertaraf internasional.
|
Key activities
|
Aktivitas yang dijalankan agar bisnis hotel ini dapat
berjalan berupa promosi serta ikut dalam pameran maupun berkontribusi dalam
kegiatan kegiatan sponsorship untuk meningkatkan citra perusahaan
|
Key resources
|
Sumber daya yang dibutuhkan dalam operasional hotel ibis
adalah para lulusan atau pegawai yang telah mendapatkan kursus dibidang
perhotelan
|
Key partnership
|
Hotel ibis dikelola oleh grup perhotelan perancis, Ancor
namun bekerja sama dengan organisasi perhotelan di Indonesia dalam segi
pembuatan aplikasi untuk booking hotel ataupun berbagai agen perjalanan
|
Cost structure
|
Biaya yang dikeluarkan dalam operasional hotel ibis ini
sendiri dapat berupa biaya pemasaran, gaji karyawan, biaya pemeliharaan dsb
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar