Minggu, 18 Januari 2015

4. Jelaskan 9 blok model bisnis sesuai dengan tabel masing-masing !

9 blok ini antara lain  :
1. Customer Segments adalah Sekelompok Orang/Organisasi berbeda yang ingin dilayani oleh Perusahaan dan Pelanggan merupakan inti dari bisnis
2.Value Proposition: Menggabungkan antara produk dan layanan yang menciptakan nilai untuk segmen pelanggan spesifik. Nilai Bisa bersifat Kuantitatif ( Harga dan Kecepatan layanan) dan Kualitatif ( Desain dan Penglaman)
3.Channels Blok bangunan saluran yang menggambarkan bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan segmen pelanggannya dan menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai
Customer Relationship : Hub. Pelanggan yang menggambarkan berbagai jenis hubngan yang dibangun perush, bersama segmen pelanggan yg spesifik
Revenue Streams/arus pendapatan, menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan (biaya harus mengurangi pendapatan untuk menghasilkan pemasukan)
Key Resource, aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi
Key Activities,hal-hal penting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja
Key Partnership, Jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja

9. cost structure : biaya yang timbul untuk dapat menghasilkan value propositions contoh gaji karyawan, biaya operasional , dan lain sebagainya



Customer segments
Demografi : seluruh wilayah yang menjadi pusat  pemukiman penduduk di Indonesia
Psikografis : menyediakan tempat yang nyaman
Hotel ibis ini ditujukan bagi keluarga , wisatawan ataupun para pengusaha atau pebisnis yang ingin mencari tempat meeting yang nyaman di tengah  keramaian kota.
Value proposition
Hotel IBIS adalah hotel bertaraf internasional yang memiliki bintang dua atau tiga dimana banyak layanan yang ditawarkan ketika anda menginap di tempat ini seperti layanan room service 24 jam , kolam renang, restoran maupun cafe sebagai tempat meeting bagi para penginap hotel
Customer relationship
Dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan maka hotel IBIS selalu mengutamakan pelayanan yang baik dari resepsionis hotel sehingga menumbuhka kesenangan pengunjung untuk menginap dan kembali lagi ke hotel ibis jika sedang berpergian.
channel
IBIS dalam mempopulerkan namanya menggunakan website yang bisa diakses secara umum yaitu www.ibis.com
Revenue stream
Arus pendapatan hotel ibis didapatkan dari sewa kamar sesuai dengan kelasnya, kemudian sewa tempat untuk meeting serta investor asing karena hotel ibis ini sendiri merupakan hotel bertaraf internasional.
Key activities
Aktivitas yang dijalankan agar bisnis hotel ini dapat berjalan berupa promosi serta ikut dalam pameran maupun berkontribusi dalam kegiatan kegiatan sponsorship untuk meningkatkan citra perusahaan
Key resources
Sumber daya yang dibutuhkan dalam operasional hotel ibis adalah para lulusan atau pegawai yang telah mendapatkan kursus dibidang perhotelan
Key partnership
Hotel ibis dikelola oleh grup perhotelan perancis, Ancor namun bekerja sama dengan organisasi perhotelan di Indonesia dalam segi pembuatan aplikasi untuk booking hotel ataupun berbagai agen perjalanan
Cost structure
Biaya yang dikeluarkan dalam operasional hotel ibis ini sendiri dapat berupa biaya pemasaran, gaji karyawan, biaya pemeliharaan dsb






Tidak ada komentar:

Posting Komentar